Tips Mengecat Kusen Menggunakan Cat Enamel

689
Tips Mengecat Kusen Menggunakan Cat Enamel

Kusen yang terbuat dari kayu tentunya harus dilapisi dengan cat agar lebih awet dan juga tahan lama. Selain itu, proses pengecatan juga dilakukan agar kusen ini tidak mudah terserang hama pemakan kayu, seperti bubuk. Sayang bukan, jika anda harus mengeluarkan banyak dana ketika kusen anda mulai rapuh karena tidak ada pelapisnya? Oleh karena itu, mengecat kusen memang sangat diperlukan. Bagaimana cara mengecat kusen dengan tepat menggunakan kuas?

Tips Mengecat Kusen Menggunakan Cat Enamel

Menggunakan kuas untuk mengaplikasikan cat banyak dipilih oleh masyarakat karena lebih mudah dan juga murah. Mengapa demikian? Pengaplikasian cat dengan kuas ini cocok untuk digunakan oleh para pemula dan juga yang sudah berpengalaman, hanya saja membutuhkan ketelitian. Nah, agar tidak salah cara finishing pada kusen dengan kuas, berikut ini tips mudah untuk melakukan finishing pada kusen anda sendiri dengan menggunakan cat enamel.

  1. Siapkan kuas dan bahan cat untuk mengecat kusen
beli biovarnish

Hal yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahannya agar lebih memudahkan anda dalam proses finishing pada kusen. Hal-hal yang perlu anda persiapkan adalah amplas, masker, lap, cat primer, cat enamel, kuas.

  1. Pastikan kusen kering dan bersih

Sebelum anda memulai untuk langkah selanjutnya, ada baiknya jika anda mengecek kusen anda apakah benar-benar kering atau belum. Apabila kusen tersebut belum kering, tentu saja semakin lama kusen akan menyusut. Selain itu, kusen juga harus dalam keadaan yang bersih dari debu dan kotoran agar cat lebih menempel dengan sempurna. Amplas terlebih dahulu agar lebih mudah dalam proses mengecat.

  1. Gunakan cat primer agar warna lebih mudah menutup kayu

Nah, kali ini siapkan wadah dengan ukuran yang cukup untuk mengencerkan cat primer yang sudah anda pilih. Tuang cat primer dan tambahkan dengan pelarut secukupnya. Jika Anda menggunakan cat water based, maka cukup gunakan air sebagai pelarutnya. Namun jika Anda menggunakan cat solvent based, tentu Anda perlu menyiapkan thinner sebagai pelarutnya. Aduk hingga tercampur merata. Setelah itu, kuaskan pada seluruh bagian kusen tanpa ada bagian yang anda lewatkan. Tunggu hingga mengering.

Setelah cat primer mengering, maka siapkan amplas kertas no 400 kemudian gosokkan pada ringan. Hal ini dimaksudkan untuk membuka pori-pori saja. Aplikasikan cat primer sekali lagi untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Aplikasikan cat enamel sesuai warna yang telah anda pilih.

Tips Mengecat Kusen Menggunakan Cat EnamelAmplas ambang kusen yang sebelumnya sudah diaplikasikan cat primer. Siapkan wadah kembali kemudian tuang cat enamel dengan warna sesuai dengan keinginan anda. Encerkan dengan pelarut yang sesuai secukupnya, kemudian aduk sampai rata. Gunakan kuas untuk mengoleskan cat enamel ini pada seluruh bagian kusen sampai rata dan tidak ada bagian yang terlewat. Tunggu hingga mengering. Amplas ringan, kemudian cat ulang menggunakan cat enamel hingga didapatkan tingkat kilap dan warna sesuai yang di-inginkan.

Jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal dan lebih glossy, tambahkan aplikasi clear coat sebagai penutup akhir. Tuang clear coat pada wadah kemudian tambahkan pelarut secukupnya. Aduk hingga rata. Kuaskan pada seluruh bagian kusen tanpa ada bagian yang terlewat. Biarkan hingga mengering, amplas ringan kemudian aplikasikan clear coat sekali lagi. Tunggu hasilnya, jika masih ingin lebih mengkilap, aplikasikan ulang clear coat.

Nah, mudah bukan untuk melakukan finishing pada kusen tanpa harus menyewa jasa tukang cat? Pastikan anda memilih jenis cat primer dan cat enamel serta clear coat yang berkualitas dan ramah lingkungan. Selamat mencoba.

beli biovarnish
SHARE