Mengenal Jenis-Jenis Kayu Untuk Furniture

1019
Mengenal Jenis-Jenis Kayu Untuk Furniture

Furniture berbahan kayu masih menjadi primadona masyarakat. Lalu, jenis kayu apa saja yang bisa digunakan. Mari mengenal jenis-jenis kayu untuk furniture.

Kayu merupakan salah satu hasil alam yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan dan juga perabotan rumah tangga. Salah satu pemanfaatan dari kayu adalah untuk bahan furniture. Ada berbagai jenis kayu yang banyak digunakan sebagai bahan furniture, namun hal tersebut pastinya tidak akan lepas dari kualitas kayu yang digunakan.

Semakin bagus kualitas dari kayu, maka furniture yang dihasilkan pun juga akan lebih baik. Kayu apa saja yang digunakan sebagai bahan furniture ? Untuk mengenal lebih jauh, berikut ini jenis-jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan furniture.

Mari Mengenal Jenis-Jenis Kayu Untuk Furniture

  1. Kayu jati
beli biovarnish

Mengenal Jenis-Jenis Kayu Untuk FurnitureKayu jati merupakan jenis kayu yang berkualitas kelas 1. Kayu jati memiliki warna coklat coklat kemerahan, namun apabila terkena sinar matahari, kayu ini akan berwarna coklat muda. Kayu jati termasuk jenis kayu yang awet dan juga tahan terhadap serangan hama dan jamur. Kayu jati megnhasilkan minyak jati yang membuat kayu ini tampak selalu bersinar. Perawatan furniture dari kayu jati pun juga tergolong mudah. Oleskan minyak jati secara berkala pada furniture agar lebih awet dan mengkilap.

  1. Kayu mahoni

Mengenal Jenis-Jenis Kayu Untuk FurnitureKayu mahoni memiliki tampilan yang hampir sama dengan kayu jati. Kayu mahoni juga memiliki harga yang cukup tinggi serta furniture yang dihasilkan dari kayu mahoni ini tida kalah menarik dari kayu jati. Harga yang ditawarkannya pun juga termasuk tinggi. Kayu ini tergolong kayu yang kuat dan juga awet. Kayu ini berwarna merah kecoklatan serta serat kayu yang halus. Kayu mahoni selain digunakan sebagai bahan untuk flooring, juga digunakan sebagai bahan bangunan atau bahan pertukangan yang lainnya.

  1. Kayu nyatohengenal Jenis-Jenis Kayu Untuk Furniture

Kayu nyatoh juga termasuk jenis kayu yang banyak diminati oleh pengusaha kayu atau pengrajin kayu. Kayu ini memiliki tekstur yang halus dengan warna merah kecoklatan. Kayu ini juga berserat lurus dengan permukaan yang licin apabila disentuh. Kayu nyatoh juga termasuk jenis kayu yang awet dan juga tahan terhadap serangan rayap ataupun teter.

  1. Kayu pinusengenal Jenis-Jenis Kayu Untuk Furniture

Kayu pinus memiliki warna yang cerah dan kayu ini dipilih sebagai bahan mebel atau furniture dikarenakan warnanya yang menarik. Kayu ini memiliki serat yang halus namun kayu pinus bukan termasuk jenis kayu yang kuat karena mudah terserang jamur. Furniture yang ditawarkan dari kayu ini tentu saja dengan harga terjangkau.

  1. Kayu sungkaiengenal Jenis-Jenis Kayu Untuk Furniture

Seperti halnya dengan kayu pinus, kayu sungkai juga memiliki warna yang terang. Kayu ini memiliki kualitas dibawah kayu jati. Kayu sungkai cocok untuk digunakan furniture atau mebel indoor saja karena sifat kayu ini yang tidak tahan terhadap cuaca.

  1. Kayu cedar

Kayu cedar termasuk jenis kayu yang berkualitas yang bagus dan juga tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca. Kayu ini tida mudah membusuk serta memiliki aroma yang segar dan berbeda dengan jenis kayu yang lainnya. Kayu cedar juga termasuk jenis kayu yang awet dan juga tahan terhadap serangga.

  1. Kayu ramin

Kayu ramin memiliki warna kekuningan dengan tekstur yang halus dan juga rata. Selain itu kayu ini juga mudah untuk diproses. Selain digunakan sebagai produk furniture, kayu ramin juga digunakan untuk bingkai, veneer, moulding dan yang lainnya.

Demikian beberapa jenis kayu yang biasa digunakan untuk bahan furniture. Kayu untuk fipilih sebagai furniture tentu saja diambil dari kayu yang sudah berumur tua, namun seiring dengan banyaknya permintaan maka tidak semua kayu untuk furniture akan dipanen dalam usia muda.

beli biovarnish
SHARE