Cara Mendempul Kayu Merbau Ya ng Tepat

997

Dengan warna seratnya yang merah kecoklatan, kayu merbau mudah retak karena jenis kayunya yang keras. Maka cara mendempul kayu merbau sangatlah penting untuk diperhatikan.

Kayu merbau merupakan jenis kayu yang keras sehingga sangat rawan retak terutama jika pengeringan kayu ini kurang maksimal. Kayu merbau banyak digunakan untuk kebutuhan decking, flooring atau furniture. untuk menjagaga tampilan kayu merbau, maka aplikasikan dempul sebelum diaplikasikan coating.

Cara mendempul kayu merbau juga perlu hati-hati dan tepat. Yang sangat penting adalah pilih dempul kayu yang memiliki warna seirama dengan kayu merbau agar warna tidak terlalu mencolok.

Cara Mendempul Kayu Merbau

beli biovarnish

Kayu merbau merupakan kayu solid yang banyak tumbuh di Papua, Indonesia. Kayu ini selalu mengalami peningkatan pasar karena kebutuhan flooring, decking atau furniture yang terus meningkat di pasar internasional. Kayu merbau memiliki memiliki jenis warna kekuningan bagian gubal dan terasnya berwarna merah kecoklatan. Pada pori-pori kayu merbau ini terlihat garis-garis pendek dan halus berwarna kuning.

Untuk menyelaraskan warna pada kayu merbau maka perlu diaplikasikan dempul kayu yang tepat. Dempul kayu dapat menutup pori-pori kayu merbau dengan baik sehingga akan memudahkan finishing tahap selanjutnya. Selain itu, dempul tersebut juga dapat digunakan untuk menyamarkan bagian-bagian kayu yang rusak seperti lubang, retak dan lain-lainnya.

Dempul tidak hanya digunakan untuk menyamarkan cacat kayu ataupun menutup pori-pori kayu saja melainkan juga dapat digunakan untuk bambu, MDF, plywood, rotan dan serat alam lainnya. Bahkan dempul sudah menjadi kebutuhan finishing jika menginginkan hasil close pore.

Adapun  cara mendempul kayu merbau yang benar dan tepat sebagai berikut:

  1. Pastikan kayu atau substrate lainnya bersih dan tidak meninggalkan kotoran.
  2. Ampelas permukaan kayu untuk menghilangkah kotoran atau sisa minyak yang masih terdapat pada kayu.
  3. Larutkan dempul dengan pelarut yang sesuai dengan dempul yang digunakan. Aduk hingga mendapatkan kekentalan yang dibutuhkan.
  4. Aplikasikan dempul kayu menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan kayu jika digunakan untuk menutup pori-pori atau di beberapa bagian kayu yang cacat.

Anda dapat menggunakan dempul kayu yang banyak tersebar di toko-toko di Indonesia. Jenis dempul yang banyak dikenal di Indonesia pada umumnya merupakan dempul dengan bahan dasar solvent atau resin. Dempul tersebut menggunakan bahan pelarut solvent seperti thinner, spirtus atau pelarut sejenisnya.

Dempul Kayu Yang Tepat Untuk Kayu Merbau

Dalam memilih dempul kayu sangat lah penting memperhatikan kualitas serta bahan yang digunakan. Dempul dengan bahan solvent based memang dikenal dengan aplikasinya yang mudah dan hasilnya yang bagus namun melihat dari kandungan dari dempul tersebut sangatlah tidak aman bagi kesehatan dan lingkungan karena mengandung bahan kimia berbahaya dan memiliki kandungan VOC yang tinggi.

Sedangkan dempul kayu yang menggunakan bahan yang aman dan berkualitas bagus adalah Biovarnish Wood Filler. Dempul ini menggunakan bahan dasar air sehingga lebih ramah lingkungan. Untuk finishing kayu merbau, gunakan Biovarnish Wood Filler Mahoni karena warnanya yang cocok digunakan untuk jenis kayu kemerahan semacam kayu merbau dan mahoni.

Biovarnish Wood Filler sangat aman digunakan karena menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Kandungan VOC pada dempul ini sangat rendah sehingga tidak menimbulkan bau serta tidak membahayakan kesehatan dan lingkungan.

Cara mendempul kayu dengan dempul kayu yang tepat akan menghasilkan warna yang tajam dan rapi. Pilih dempul kayu yang menggunakan bahan-bahan yang aman demi tenaga kerja atau orang-orang sekitar Anda.

beli biovarnish