Cara Mendempul Kayu Dengan Teknik Yang Tepat

1303
cara-dempul-kayu-yang-benar

Dempul kayu sangat dibutuhkan untuk beberapa hal selama proses finishing. Dalam tahap finishing, cara mendempul kayu juga perlu diperhatikan.

Furniture atau kusen dan sebagainya pada umumnya menggunakan bahan alam seperti kayu. Kayu memiliki tekstur yang kuat sehingga sangat dipercaya untuk rangka furniture atau semacamnya. Bahkan jenis kayu beragam dan memiliki kualitas masing-masinga, namun tidak semua kayu memiliki kualitas yang bagus. Terdapat beberapa bagian yang cacat kayu baik disebabkan oleh internal ataupun eksternal kayu tersebut.

Pada umumnya, untuk mengatasi cacat pada kayu adalah dioleskan dempul. Dalam penggunaannya, cara mendempul kayu ada dua macam yaitu untuk menutup bekas cacat kayu dan menutup pori-pori kayu.

Cara Mendempul Kayu Untuk Menutup Bekas Cacat Kayu

beli biovarnish

Finishing merupakan tahan akhir yang digunakan pada furniture untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Finishing sendiri memiliki banyak teknik mulai dari vintage, recycle, patina atau pun natural kayu. Di Indonesia, finishing furniture yang sering digunakan adalah warna natural kayu. Sebab warna ini dapat dimasukkan ke berbagai konsep ruangan dan memberikan kesan natural alam.

cara-dempul-kayu-yang-benar

Pada tahap finishing basecoat biasanya menggunakan dempul untuk menyamarkan beberapa bagian kayu yang tidak rata atau rusak diakibatkan oleh usia, ataupun gangguan dari luar lainnya. Cara mendempul kayu untuk menyamarkan bekas luka pada kayu perlu diperhatikan, kadangkala dempul mengelupas dan terangkat.

Disarankan untuk menggunakan bahan finishing dengan bahan yang aman dan ramah lingkungan. bahan finishing ini hanya bisa dijumpai pada cat water based. begitu pula dengan dempul yang digunakan, dempul yang menggunakan bahan dasar air justru lebih aman untuk digunakan. Ketika dempul diampelas, serbuk dempul sendiri tidak mengganggu kesehatan dan tidak mencemari lingkungan. Salah satu cat water based yang bisa Anda gunakan adalah Biovarnish. Varian Biovarnish ini sangat lengkap, mulai dari Biovarnish Wood Filler (Basecoat), Biovarnish Wood Stain (Wood Stain/Colouring), dan Biovarnish Clear (Top coat).

Adapun cara mendempul kayu yang baik menggunakan Biovarnish Wood Filler sebagai berikut:

  1. pastikan media kayu yang digunakan kering. Ampelas permukaan kayu tersebut untuk menghilangkan debu atau kotoran lainnya yang masih menempel.
  2. campurkan Biovarnish Wood Filler dengan air secukupnya. Kemudian aplikasikan dempul tersebut menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering kurang lebih 20 menit, kemudian ampelas menggunakan ampleas no. 240 atau 400.
  3. Terakhir adalah tahap wood stain dan topcoat

Cara mendempul kayu dengan tepat akan membantu proses finishing lebih mudah. Dalam memilih dempul pun juga sangat perlu diperhatikan, tidak hanya sekedar kualitas namun bahan yang digunakan juga sangat penting.

beli biovarnish