Mendempul Kayu Yang Baner dan Tepat

1020

Furniture atau perabotan yang menggunakan kayu terkadang terdapat bagian yang rusak sehingga perlu mendempul kayu tersebut agar cacat kayu tersamarkan.

Furniture atau perabotan menggunakan kayu sampai saat ini masih menjadi favorit bagi para pecinta furniture atau kayu. Seratnya yang indah dan teksturnya yang bagus serta dapat bertahan lama menjadi alasan utama kayu tersebut digunakan untuk bahan baku furniture.

Namun kadang sering menjumpai bagian kayu yang cacat seperti lubang atau retak sehingga mengganggu tampilan furniture. Untuk menyamarkan cacat kayu tersebut maka perlu mendempul kayu dengan cara yang tepat

beli biovarnish

Mendempul Kayu Dengan Cara Yang Tepat

Mendempul kayu merupakan tahapan finishing paling dasar. Tahap ini kadang tidak digunakan, namun untuk mendapatkan tampilan cloe pore pada tahapan sangat diperlukan. Sebab dempul kayu tidak hanya bertujuan untuk menyamarkan bagian cacat pada kayu melainkan juga untuk menutup pori-pori sehingga akan mempermudah proses finishing selanjutnya.

Cacat kayu biasanya disebabkan oleh faktor alami dari pertumbuhan kayu atau sengaja. Faktor alami biasanya diakibatkan oleh usia, hal yang paling nampak adalah pada mata kayu yang terlihat retak. Selain itu faktor cuaca dan hewan liar juga menjadi penyebab kayu berlubang. Sedangkan faktir sengaja atau teknis biasanya didapatkan selama proses pengeringan kayu atau ketika kayu dipaku. Setiap kayu memiliki keawetan serta ketahanan kayu yang berbeda sehingga hal tersebutlah yang menjadikan kayu rentan atau tidaknya mengalami cacat.

Untuk mempermudah mendempul kayu, berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan:

  1. Pastikan kayu yang digunakan bersih, atau sebaiknya ampelas terlebih dahulu permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran atau sisa minyak yang masih menempel.
  2. Larutkan dempul menggunakan pelarut solvent/air tergantung jenis dempul yang digunakan sesuai dengan kekentalan yang dibutuhkan. Aplikasikan dempul menggunakan pisau palet pada bagian-bagian yang cacat. Kemudian tunggu hingga 30 menit.
  3. Setelah kering ampelas kembali permukaan kayu yang sudah didempul menggunakan kertas ampelas no. 240

Dempul Kayu Yang Ramah Lingkungan

Siapa yang tidak tahu dengan dempul? Dempul atau sering juga disebut pelamir sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Dempul bahkan banyak dijumpai di toko-toko cat atau bangunan di seluruh daerah di Indonesia. Dempul yang tersebar biasanya memiliki dua jenis perbedaan bahan yaitu dempul berbahan solvent based dan dempul water based. dempul yang banyak digunakan adalah dempul solvent based karena aplikasinya yang mudah dan mudah didapatkan. Namun, sebaiknya Anda menggunakan dempul dengan bahan water based karena kandungan bahannya yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan.

Salah satu dempul water based yang dipastikan memiliki kualitas serta kandungan bahan yang aman adalah Biovarnish Wood Filler. Dempul ini sangat cocok digunakan untuk finishing dengan tampilan natural kayu. Selain itu, memiliki fitur-fitur yang dapat menguntungkan proses finishing Anda sebab dempul ini sangat mudah melekat pada permukaan kayu, ringat dan tidak alot ketika diampelas dan mudah diaplikasikan baik menggunakan pisau palet ataupun dikuas.

Biovarnish Wood Filler sangat aman digunakan untuk finishing bahkan tidak berbahaya karena mennggunakan kandungan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Sehingga dempul sangat aman, tidak beracun dan tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Mendempul kayu memerlukan tahapan yang tepat sehingga hasilnya pun akan lebih maksimal. gunakan dempul kayu dengan bahan yang aman agar tidak merusak kesehatan ataupun lingkungan sekitar Anda.

beli biovarnish