Cara Refinsihing Meja Bambu Menggunakan Pernis Kayu

1459

Meja merupakan furniture yang sering digunakan pada hunian rumah. namun jika bahannya dari bambu maka Anda perlu sering merawat atau refinsihing dengan pernis kayu.

Bambu merupakan serat alam yang banyak dijumpai di Indonesia, bahannya yang kuat menjadi salah satu alternatif pengganti kayu. Sehingga bambu banyak digunakan untuk kebutuhan rumah seperti furniture atau pun perabotan lainnya. namun, tampilan furniture seperti meja bambu akan sangat mudah memudar sehingga diperlukan refinishing setiap 5 tahun sekali.

Refinsihing meja bambu yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah menggunakan pernis kayu. Selain mudah untuk digunakan juga memiliki tampilan yang bagus dan maksimal.

Cara Refinishing Meja Bambu

beli biovarnish

Meja bambu jika tidak dirawat secara maka akan mudah kusam dan bahkan akan dengan mudah terserang jamur atau serangga perusak bambu seperti rayap atau totor. Untuk menghindari gangguan-gangguan tersebut, peran cat memang sangat penting. Cat tidak hanya digunakan untuk memberikan tampilan yang menarik saja melainkan juga digunakan untuk melindungi bambu dari gangguan tersebut. Walaupun meja atau furniture bambu lainnya sudah dilapisi cat tetap saja membutuhkan perawatan yang rutin. Salah satunya dengan refinsihing furniture tersebut setiap 3 atau 5 tahun sekali.

Refinishing meja atau furniture bambu dengan pernis kayu yang lebih mudah digunakan dan memiliki tampilan yang bagus untuk interior. Berikut refinsihing yang tepat pada furniture bambu:

  1. Ampelas permukaan bambu dari bekas cat yang masih menempel pada bambu dengan kertas ampelas no. 240
  2. Pastikan bambu tersebut sudah bersih atau tidak afa bagian tertentu yang tersernag jamur atau serangga perusak kayu. Jika terlanjur terserang maka segera aplikasikan obat anti serangga perusak atau obat anti jamur. Anda dapat menggunakan BioCide yang dikenal lebih ramah lingkungan daripada obat treatment pada umumnya.
  3. Campurkan pernis dengan pelarut kemudian aduk hingga homogen, kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan bambu.
  4. Tunggu hingga kering

Pernis Kayu Yang Bagus Untuk Bambu

Dalam memilih pernis sebaiknya sangat memperhatikan kualitas dari bahan yang digunakan. Setelah memperhatikan kualitas, hal yang tidak kalah penting adalah kandungan bahan yang digunakan. Sebab, tidak semua bahan pernis kayu aman digunakan dan bahkan berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan sekitar Anda. Biasanya pernis ini menggunakan bahan kimia berbahaya dan cenderung dengan kandungan VOC yang sangat tinggi. Apa itu VOC? Volatile Organic Compound (VOC) merupakan senyawa organik yang beracun dan sangat mudah menguap ke udara. Sebenarnya, semua jenis bahan finishing mengandung kandungan VOC ini namun yang membedakan adalah kadar VOC dalam cat. semakin rendah VOC dalam cat maka semakin aman pula cat itu digunakan.

Sedangkan cat kayu yang aman dan rendah VOC saat ini hanya bisa dijumpai pada cat water based. Memang cat ini tergolong baru di Indonesia karena baru berkembang beberapa tahun terakhir. Walaupun masih baru, peminat dari cat ini semakin meningkat karena dikenal lebih aman dan ramah lingkungan. Sebab, cat ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya dan cenderung rendah VOC. Salah satu cat water based yang aman digunakan adalah Biovarnish Wood Stain. Cat ini bahkan menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperrti regulasi US Enviromental Protection Agency dan Euorpean Chemical Agency.

Informasi atau pemesanan pernis kayu ramah lingkungan ini, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056.

 

beli biovarnish