Cara Mudah Mengetahui Perbedaan Pernis dan Plitur

1397

Plitur atau pernis bagi sebagian orang terutama yang masih awam terhadap dunia finishing belum tentu tahu perbedaan keduanya. Perbedaan pernis dan plitur sebenarnya sangat mencolok.

Jika Anda pergi ke toko cat atau bangunan dan membutuhkan cat kayu dengan tampilan natural kayu, maka penjual akan menawarkan pernis atau plitur dengan berbagai merk. Bagi Anda yang masih awam terhadap dunia finishing pasti masih kesulitan untuk membedakan keduanya.

Agar tidak kesulitan dalam ketika dihadapkan dengan pernis atau plitur untuk finishing furniture atau perabotan. Perhatikan perbedaan pernis dan plitur kayu di bawah ini sebelum memutuskan untuk membeli langsung di toko cat atau bangunan.

Perbedaan Pernis dan Plitur Yang Sering Membuat Bingung

beli biovarnish

Tidak jarang sebagian orang masih tidak bisa membedakan pernis dan plitur bahkan diantara kita masih salah menggunakan kedua jenis cat tersebut. Padahal, cat kayu tersebut sangat lah berbeda jika dilihat dari segi bahan ataupun tampilannya. Walaupun kedua cat tersebut sama-sama digunakan untuk tampilan natural kayu.

Untuk mengetahui perbedaan pernis dan plitur, perhatikan penjelasan berikut. Pernis merupakan jenis cat kayu yang sering digunakan untuk finishing dengan tampilan glossy atau semi gloss. Jenis cat kayu ini sering digunakan untuk finishing furniture interior karena jenis cat kayu ini tidak kuat terhadap cuaca. Biasanya, cat kayu ini terbuat dari campuran resin, drying oil dan solvent sehingga warna cat kayu ini hanya transparan atau bening. Sedangkan plitur merupakan jenis cat kayu yang terbuat dari resin alami. Resin tersebut didapatkan di serangga yang hanya bisa dijumpai di India atau Thailand. Jika Anda sering mendengar serlak India, maka yang dimaksud dengan serlak India adalah plitur. Cat kayu ini memiliki bentuk berupa serpihan tipis dengan warna keemasan atau tembaga dan membutuhkan ethanol atau spiritus untuk mencairkan shellac tersebut. dan biasanya berwarna kekuningan jika diaplikasikan ke permukaan kayu.

Kemajuan Pernis atau Plitur Saat Ini

Perbedaan pernis dan plitur di atas sangatlah mencolok, namun kedua jenis cat kayu diatas adalah solvent based yang notabene berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini,  kini dikembangkan cat kayu (plitur atau pernis) yang jauh lebih ramah lingkungan. Setelah melalui berbagai percobaan dan riset, pada akhirnya mulai dikembangkan cat kayu dengan bahan water based yang jauh lebih ringan.

Salah satu cat water based yang berkualitas dan dipastikan aman untuk digunakan adalah Biovarnish. Bahan pada cat kayu ini telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US EPA dan ECHA sehingga tidak berbau, beracun ataupun berbau. Bahkan cat ini sering keular-masuk pasa internasional. Cat kayu yang sudah masuk ke pasar internasional tentu melalui berbagai tahap diantaranya adalah standar keamanan bahan kimia dan VOC. Sehingga cat kayu ini dipastikan aman dan berkualitas tinggi.

Untuk informasi atau pemesanan, silahkan menghubungi kontak kami langsung via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056. Demikian ulasan singkat tentang perbedaan pernis dan plitur semoga dapat menjadi bahan rujukan ketika akan membeli bahan finsihing ke toko cat atau toko bangunan langsung. Pastikan Anda untuk memilih bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan seperti cat water based.

 

beli biovarnish