Kandungan VOC dalam Cat Bagi Kesehatan

1090

Cat merupakan bahan yang sering digunakan dalam menghiasi ruangan. Namun ternyata kandungan cat sangat berbahaya bagi kesehatan diantaranya adalah VOC.

Cat tembok, cat besi ataupun cat kayu merupakan pewarna ruangan, furniture atau perabotan yang sering digunakan agar tampil lebih indah dan membuatnya lebih bertahan lama. Namun tidak semua cat yang digunakan memiliki kandungan bahan yang aman bagi kesehatan dan lingkungan.

Kandungan berbahaya yang terkandung dalam cat biasanya adalah VOC dalam jumlah yang tidak sedikit.

Dampak VOC bagi Kesehatan dan Lingkungan

beli biovarnish

Volatile Organic Compound (VOC) merupakan senyawa organik yang beracun dan sangat mudah menguap ke udara. Senyawa ini biasanya sangat mudah dijumpai pada pengharum ruangan atau cat, bahkan terdapat beberapa regulasi yang melarang bahan finishing atau sejenisnya yang memiliki kandungan VOC yang sangat tinggi diantaranya adalah regulasi US Enviromental Protection Agency.

Kandungan senyawa organik yang tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan lingkungan. Bahkan senyawa ini dapat menyebabkan lapisan ozon semakin melebar karena tersebar ke udara dalam jumlah yang banyak. Sedangkan bagi kesehatan berikut dampak-dampaknya:

  1. Iritas Kulit

Jika Anda tidak menggunakan alat pengamanan diri seperti kaus tangan maka akan dengan mudah Anda terkontaminasi kandungan cat tersebut. terlebih bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif atau alergi terhadap bahan kimia.

  1. Mata Pedih

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang tidak tahan terhadap bau cat. Bau cat yang menyengat juga dapat menyebabkan mata pedih.

  1. Sesak Nafas Atau Gangguan Pernafasan

Sangat penting bagi Anda yang selalu berkecimpung dalam finishing untuk menggunakan masker atau sejenisnya. Hal ini untuk melindungi Anda dari gangguan pernafasan, terlebih jika Anda memiliki asma, alergi atau gangguan pernafasan lainnya. sebab kandungan cat tersebut juga dapat menyebabkan sesak nafas jika terhirup.

  1. Gangguan sistem syaraf

Sistem syaraf Anda akan sangat mudah terganggu disebabkan kandungan cat yang masuk dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama.

  1. Kanker

Dampak kesehatan yang paling fatal dari VOC dalam cat adalah kanker. Biasanya kanker yang menyerang adalah kanker kulit atau organ dalam lainnya. Kandungan cat tersebut akan snagat mudah menciptakan sel kanker jika dibiarkan mengendap dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus terjadi

Sehingga sangat penting untuk menggunakan alat pengamanan diri (APD) untuk menghindari bahan kimia atau VOC masuk ke dalam tubuh.

beli biovarnish